Tuesday, April 10, 2012

Satiman, Tamatan SMP yang Mampu Membuka Lapangan Pekerjaan Melalui Usaha Kue Pia

Segala hal positif bisa diraih bila seseorang mau berusaha keras. Seperti kisah Satiman, pengusaha kue di Pemalang, Jawa Tengah. Meski hanya tamatan SMP, tapi Satiman berhasil membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain dan sukses membawa kepopuleran produk kuenya hingga ke beberapa daerah di Indonesia.

 

Pria kelahiran Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, 18 Oktober 1971 ini mempunyai misi dan visi yang mulia. Rasa peduli terhadap sesama yang begitu tinggi menghantarkan dirinya untuk berwirausaha. Berangkat dari kekhawatirannya pada angka pengangguran yang semakin membengkak di era tahun 2000-an, Satiman memutuskan untuk membuka usaha kue pia.

 

Usaha kue pia dipilihnya karena waktu itu pelaku bisnis yang terjun di bidang yang sama masih sedikit. Lagi pula, kue khas daerah Pemalang ini tahan lama, kira-kira bisa sampai satu bulan. Berbendera Pia Gemilang Jaya, Satiman semakin percaya diri dalam memproduksi kuenya yang terdiri dari berbagai macam rasa, mulai dari cokelat, keju, kumbu hijau dan hitam. Dibanderol seharga Rp3.000 per kotak berisi 10 potong, Satiman mengaku setiap hari mampu menjual sekitar 8.000 kotak pia.

 

Roda bisnis Satiman bukan tanpa halang rintangan sama sekali. Dirinya juga harus bersusah payah dalam merintis usahanya. Memeroleh modal sebesar Rp3 juta dari mantan atasan tempat bekerja sebelumnya, Satiman harus memberanikan diri meminjam uang dari teman dan saudara sebagai tambahan modal. Krisis global tahun 2008 lalu yang membuat harga bahan baku pembuatan pia seperti tepung terigu, gula dan minyak melambung tinggi sempat membuat Satiman was-was. Namun kepercayaan diri serta sikap optimisnya mampu menyelamatkan bisnis serta nasib para pekerjanya dari pengangguran.

 

Pendapatan Satiman mendekati Rp24 juta per hari atau kira-kira Rp720 juta sebulan. Pemasaran ke beberapa daerah di Indonesia seperti Semarang, Purwokerto, Magelang, Jombang, Bali, Samarinda, Cilacap dan Bogor membuat omzetnya bertambah sekitar Rp200 juta sehingga menjadi Rp950 juta per bulannya. Sukses mempekerjakan 300 orang, Satiman membuka rahasia di balik kesuksesan bisnisnya yakni selalu bersikap jujur, tekun serta ulet. Siap mengikuti jejak Satiman? (*/dari berbagai sumber)

sumber: http://www.ciputraentrepreneurship.com/kuliner/9925-satiman-membuka-lapangan-pekerjaan-melalui-pia.html

No comments: