Sunday, March 11, 2012

Salma dan Kiat Suksesnya Berbisnis Jasa Perawatan dan Kebugaran Tubuh

Apa rahasia bisnis di bidang jasa kebugaran tubuh? Mungkin selama ini anda sudah menjalankan bisnis ini tetapi belum ada hentakan jumlah pengunjung yang banyak.

Jangan kuatir, Salma Dian Priharjati, pemilik usaha kebugaran tubuh yang berada di bawah PT Dian Kenanga Mandalawangi ini memiliki pengalaman yang unik untuk dapat diterapkan dalam bisnis jasa perawatan dan kebugaran tubuh milik anda.

 

Pertama,  menurut Dian, adalah adanya konsep bisnis yang jelas. Konsep bisnis inilah yang memandu anda mau dibawa kemana bisnis yang didirikan ini.  Ketika ia memulai bisnis jasa kebugaran tubuh, modal yang ia miliki hanya Rp15juta, yang digunakan untuk menyewa dua buah kamar masing-masing kamar berisi 1 bed, sewanya Rp1 juta per bulan/kamar, dan uang yang lain digunakan untuk persediaan membayar gaji 2 asisten yang membantunya, yang pekerjaannya serabutan, ya marketing, administrasi, ya notok juga. Tetapi karena memiliki konsep bisnis yang jelas dari pendirinya, maka perkembangan tahap demi tahap terus meningkat dan terlihat hasilnya.

 

Kedua, menciptakan kreasi. Dalam memberikan layanan jasa perawatan dan kebugaran tubuh, Dian memperdalam teknik totok lebih dari yang selama ini dipraktekkan oleh banyak orang. Melalui cara yang ia temukan, berupa totok hasil kreasi dan penggabungan teknik tekanan dengan bioenergi, yang kemudian ia sebut Toto Aura Wajah, mengingatkan metodenya dengan namanya. Bahkan istilah totok aura wajah sedemikian melekat dalam bisnis jasa perawatan dan kebugaran tubuh, terutama dengan nama Salma Dian Priharjati, penemunya.

 

Ketiga, menciptakan SDM yang mumpuni. Bisnis apa saja sumberdaya manusia menjadi hal yang sangat penting. Apalagi bisnis di jasa perawatan dan kebugaran tubuh ini. Karena itu dalam merekrut karyawan, Dian sendiri yang menetukannya. Ia lebih suka merekrut karyawan baru, yang belum pernah bekerja dan belum pernah memiliki pengalaman sebagai teraphys, alasannya lebih mudah membentuk budaya perusahaan dan biasanya mau memulainya dari bawah. Kebanyakan staf yang bekerja di PT Dian Kenanga berawal dari level terbawah, bagian kebersihan. Mereka harus tahu standar kebersihan, lalu cara merapikan bad, mensevice tamu, misalnya ada gelas kosong langsung diangkat, ada pintu terbuka langsung ditutup. Setelah berhasil mereka akan ditanya minatnya. Jika tertarik mereka dilatih kaki dan tangan. Bila sudah pegang klien, berarti mereka sudah tidak ngurusi cleaning service lagi.

 

Keempat, mensistematisasi bisnis. Semula, semua theraphys totok ia latih sendiri. Hal ini untuk mendapatkan hasil yang optimal. Awalnya hanya dua orang, kemudian berkembang 4, 8 orang. Namun ketika karyawan sudah meningkat menjadi 25 orang ia mulai fokus dengan program trainer for trainer. Bahkan ia kini sudah mensistematisasi bisnis, melalui manajemen modern,  sehingga seluruh aktifitas kantor sudah berjalan sesuai koridor dan aturan yang harus dijalankan. Ia, selanjutnya tinggal mengawasi saja, dan bagi trainer therapys ia yang menangani ujian akhirnya.

 

Kelima, menjaga konsistensi dan keberlanjutan. Untuk menjaga konsistensi layanan kepada pelanggan, ia menerapkan kepada theraphys untuk selalu mengikuti program latihan tenaga dalam setiap minggu, tujuannya terjaga konsistensi dan keberlanjutan kemampuan berdasarkan core bisnis. Bisnis jasa totok aura mungkin setiap saat ada yang ingin membuka bisnis serupa, tetapi jika kami memiliki keahlian dan kekhususan dalam totok yang lebih bermuatan energi di setiap gerakan, serta memiliki kekuatan bioenergi ia yakin jasa yang ditawarkan akan selalu unggul.

 

Keenam, membangun bisnis rumahan menjadi bisnis modern. Ini suatu dream yang terus diimpikan oleh Salma Dian Priharjati.

 

Dream bahwa bisnis ini dapat menjadi industri besar . Buktinya, pada awal-awal bisnis jasa Totok Aura Wajah yang didirikannya hanya melayani tak lebih dari 8 orang setiap minggu, tetapi kini dalam satu gerai saja mampu melayani 100 pelanggan, jika di akhir pekan pelanggan bisa mencapai 130an orang.

sumber: http://www.majalahwk.com/artikel-artikel/teropong-usaha/413-berbisnis-jasa-perawatan-dan-kebugaran-tubuh-ciptakan-kreasi-.html

No comments: