Sunday, March 11, 2012

Ketelatenan dan fokus Menjadi Kunci Danton Mengembangkan Jagoan Hosting

Pada hakekatnya sebuah bisnis dapat berkembang dan dipercaya para pelanggan jika dilakukan secara serius. Serius artinya dikelola dengan fokus, bukan sambilan. Begitu juga yang dilakukan Danton Prabawanto, suami dari Angga Putri Ayu ini. Ia yakin, kefokusannya memberi layanan hosting dan web, mejadikan pelanggan semakin percaya, dan semakin yakin dengan pelayanannya.

“Saat jaringan internet yang berada di luar negeri mengalami hambatan karena berbagai hal, orang mulai melirik, apakah tidak ada layanan web hosting, dengan kemampuan server yang  mumpuni di Indonesia?” ujarnya sembari bertanya.

Pada saat itu Danton berpendapat bahwa  semestinya ada server yang ada di Indonesia dan bisnis ini punya masa depan yang cerah.

Kini, ucapannya itu benar adanya. Jumlah pemakai internet setiap tahun terus bertambah, dan banyak yang menggunakan internet untuk meningkatkan efektifitas dan daya saingnya.

“Kini setiap pebisnis atau calon pebisnis, membuat website sudah keharusan.   Kebutuhan pertama kali untuk mengaktifkan website adalah adanya domain, dan juga hosting,” cetusnya

Berdirinya Jagoanhosting, sebagai perusahaan penyedia layanan hosting, tidak lepas dari action Danton melihat peluang yang sangat besar itu. “Saya bertemu teman lama yang sudah lama bisnis penyedia layanan hosting dengan pasar luar negeri. Saya bertanya, apakah memungkinkan menggarap secara serius pasar dalam negeri?,” cetusnya.

Melihat kemungkinan kerjasama terbuka, Danton langsung memilih nama Jagoanhosting sebagai brandnya.  Dalam awal pendirian usaha, Danton masih terpengaruh dengan bisnis lain, dan serabutan. Ia perlu suasana yang khusus, sehingga benar-benar dapat fokus mengerjakan bisnis secara serius. “Saya hijrah ke Surabaya. Setelah serius ternyata hasilnya mulai kelihatan,” ujar pehobby nonton olah raga.

Perjalanan Danton mengelola usaha Jagoanhosting di awal-awal usaha sebenarnya penuh dengan peluh. Mulanya ia harus terlibat secara penuh, bahkan  sampai 24 jam untuk menjalankan bisnisnya. Kemudian, ia mencari satu orang lagi untuk membantunya.

“Saya yang menangani marketing, satu teman saya membantu secara teknisnya,” ujar CEO PT Beon Intermedia yang kini memiliki belasan karyawan ini.

Sebelumnya, usahanya hanya dihela oleh dua orang saja. Semakin lama bisnis Danton semakin terlihat hasilnya. Diperlukan ketelatenan, dan keseriusan, serta fokus untuk mencapai itu semua.

Seiring bertambahnya waktu, Jagoanhosting semakin tumbuh dan berkembang. Sumberdaya manusia yang menangani bisnis inipun kian bertambah. Kompetensi, dan  layanan kepada pelanggan semakin hari terus ditingkatkan. Team yang terlibat juga semakin solid, dan Danton memiliki keyakinan target-target perusahaan dapat terpenuhi, seperti yang diharapkan.

Saat ini, setelah Jagoanhosting mampu eksis dengan masuk ke salah satu perusahaan hosting dengan pelanggan terbanyak di Indonesia,  dan secara kualitas sangat diakui, satu produk lagi yang sudah disiapkan oleh Danton untuk dapat ditawarkan ke para pelanggan, yaitu Jagoan Webs. “Produk ini diharapkan dapat melayani pelanggan yang ingin membuka toko online dengan segera,” cetusnya.

Menurut Danton, pertumbuhan toko online di Indonesia akan tumbuh sangat cepat, dan hal ini memerlukan infrastruktur web yang ekslusif, serta memiliki disain yang luks. Ia yakin mampu memenuhi harapan masyarakat untuk menyediakan toko online yang kompatibel. Bahkan untuk melaunching  produk ini ke pasar, Danton memerlukan waktu satu tahun untuk mempersiapkannya.

“Saya harus melakukan beberapa kali tes untuk meyakini bahwa produk jagoanwebs yang saya luncurkan benar-benar dapat diterima pasar dan memiliki banyak keunggulan dibanding lainnya,” ujarnya.

Mempunyai bisnis yang sustainableadalah harapan banyak orang. Namun, kadangkala kita tidak pernah memperhatikan langkah-langkah yang kita tempuh mengarah pada pencapaian yang kita inginkan. Kita sering terjebak pada pencapaian sesaat saja.

Kita juga tidak pernah menyadari bahwa promosi dan pelayanan yang kita berikan pada para calon atau kumsumen kita belum memberikan sesuatu yang mengena di hati mereka, sehingga banyak konsumen kita yang pernah kita layani tidak pernah kembali lagi.

Bisnis yang sustainable adalah bisnis yang terus berkelanjutan. Untuk mempunyai bisnis yang seperti itu, kita mesti berupaya memberikan yang terbaik apa yang kita punya, jangan setengah-setengah. Karena itu bersikaplah seperti Jagoan, sikap seorang pemenang tetapi tidak arogan. Sikap itulah yang menjadi dasar dari seorang Danton Prabawanto.

Bagi Danton, membuat usaha supaya terus berlajut tentunya  menjadi harapan bagi setiap pelaku bisnis. Karena itu para pelaku bisnis harus memperhatikan hal-hal yang seharusnya ia perhatikan.

Tidak heran  dalam membangun bisnisnya, Danton tidak pernah “eman” memberikan sesuatu yang terbaik bagi customernya. Danton Prawanto mendirikan bisnis penyedia layanan Webs Hosting dengan merek usaha Jagoan Hosting Indonesia. Usaha yang didirikan ini terus berkembang seiring dengan semakin berkembangnya dunia internet di Indonesia.

sumber: http://www.majalahwk.com/artikel-artikel/teropong-usaha/406-jagoan-hosting-a-jagoan-web-semakin-dipercaya-karena-fokus.html

No comments: